Blog

Tanda-Tanda Menurunnya Sistem Kekebalan Tubuh

Menurunnya imunitas tidak hanya ditandai dengan serangan flu atau lesu. Lebih dari itu, terdapat Tanda-Tanda Menurunnya Sistem Kekebalan Tubuh yang mungkin belum anda ketahui.

Tapi sebelumnya, selamat datang di salah satu website Alfian Herbal yang merupakan distributor resmi Green World yang menyediakan berbagai macam obat herbal alami berkhasiat yang kami jual secara online salah satunya adalah menyediakan Gingko Biloba Plus Capsule sebagai Obat Pengencer Darah yang ampuh dan tanpa efek samping. Seperti yang telah disinggung diatas, di kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi mengenai Tanda-Tanda Menurunnya Sistem Kekebalan Tubuh, untuk itu langsung saja simak ulasan lengkapnya berikut ini.

tanda-tanda-menurunnya-sistem-kekebalan-tubuh

Tanda-Tanda Menurunnya Sistem Kekebalan Tubuh — Saat musim pancaroba, kekebalan tubuh rentan menurun sehingga membuat seseorang mudah terkena penyakit seperti batuk pilek. Ketika akan memasuki musim hujan atau dingin, beberapa orang bisa bertahan tanpa terkena penyakit, sementara yang lainnya mudah sekali pilek atau batuk yang terus menerus.

Penelitian menunjukan kerentanan seseorang terkena batuk dan pilek bisa disebabkan oleh banyak hal dan kadang tidak terduga, seperti misalnya kebiasaan yang tanpa disadari membuat sistem imun tubuh menurun.

Untuk itu jika memiliki gejala-gejala berikut ini, bisa jadi itu tanda sistem imun di dalam tubuh sudah merurun :

  • Bobot badan makin berat

Ditemukan fakta bahwa para penderita flu babi memiliki ciri khas yang sama, yaitu indeks massa tubuhnya lebih dari 40. Kelebihan berat badan dapat menyebabkan ketidakseimbangan hormon, peradangan, dan mengganggu kemampuan tubuh melawan infeksi.

  • Rongga hidung terlalu kering

Hidung yang tersumbat tentu sangat mengganggu kenyamanan. Tapi, kalau rongga hidung kita terlalu kering, itu juga tak baik. Sebab, lendir di dalam hidung berguna untuk membantu “menjebak” dan membersihkan virus yang masuk. Tak adanya lendir di dalam hidung, sama artinya memberi jalan masuk bagi kuman untuk menyerang pertahanan tubuh kita.

  • Tak cukup minum

Ada alasan mengapa dokter selalu mendorong kita banyak minum ketika sakit. Tubuh membutuhkan banyak air putih untuk mengeluarkan racun. Kebutuhan minum setiap orang berbeda-beda, tergantung dari kondisi tubuh dan aktivitas masing-masing. Cara mengetahui apakah kita sudah cukup minum atau belum adalah dengan melihat warna urin. Urin yang baik adalah yang berwarna jernih atau kuning muda jernih.

  • Stres berkepanjangan

Bukan kebetulan kalau kita jadi pilek kala pekerjaan di kantor sedang menumpuk. American Psychological Association melaporkan, stres jangka panjang dapat melemahkan respon kekebalan tubuh kita.

Jika kita stres saat sedang flu, bisa dipastikan gejala yang akan kita alami pasti akan lebih buruk lagi,” ujar Philip Thierno.

  • Sering tak enak badan

Biasanya, orang dewasa mendapat flu sekitar 2-3 kali dalam setahun. Jika kita mengalaminya lebih dari jumlah ini, sudah bisa dipastikan kondisi tubuh sedang di level yang rendah dan perlu segera ditindaklanjuti dengan istirahat dan makanan bergizi.

  • Mengonsumsi gula terlalu banyak

Studi yang dimuat di American Journal of Clinical Nutrition menyebutkan, 5 jam setelah kita mengasup 100 gram gula, kemampuan sel darah putih melawan kuman akan turun drastis. Seratus gram gula setara dengan tiga kaleng minuman bersoda ukuran sedang.

Baca Juga : Buah Dan Sayur Yang Paling Banyak Mengandung Pestisida

| Tanda-Tanda Menurunnya Sistem Kekebalan Tubuh |

Buah Dan Sayur Yang Paling Banyak Mengandung Pestisida

Beberapa jenis buah-buahan dan sayuran yang paling sering dikonsumsi diketahui mengandung bahan-bahan kimia dari pestisida. Cari tahu apa saja Buah Dan Sayur Yang Paling Banyak Mengandung Pestisida

Tapi sebelumnya, selamat datang di salah satu website Alfian Herbal yang merupakan distributor resmi Green World yang menyediakan berbagai macam obat herbal alami berkhasiat yang kami jual secara online salah satunya adalah menyediakan Gingko Biloba Plus Capsule sebagai Obat Pengencer Darah yang ampuh dan tanpa efek samping. Di kesempatan posting kali ini kami akan menyampaikan informasi yang cukup penting yaitu seputar Buah Dan Sayur Yang Paling Banyak Mengandung Pestisida. Nah untuk anda yang belum mengetahuinya, berikut ini informasi lengkapnya.

buah-dan-sayur-yang-paling-banyak-mengandung-pestisida

Buah Dan Sayur Yang Paling Banyak Mengandung Pestisida — Demi kesehatan kita disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang sesedikit mungkin mengandung zat kimia berbahaya, seperti pestisida.

Berbagai penelitian telah membuktikan bahwa pestisida  berhubungan dengan masalah pertumbuhan pada anak-anak, bahkan juga bertindak sebagai karsinogen—atau pemicu bermutasinya sel sehat menjadi sel kanker—saat terserap masuk ke sistem endokrin tubuh. Semua ini secara terbuka sudah diumumkan oleh agensi perlindungan lingkungan Amerika Serikat.

Untuk meyakinkan konsumen akan keamanan pilihan bahan makanan, sebuah perusahaan nirlaba seperti dikutip dari Huffington Post, Environmental Working Group (EWG) merilis lagi daftar sayur dan buah yang paling banyak mengandung pestisida.

Dirty Dozen, bagian dari EWG yang menerbitkan laporan tahunan untuk panduan belanja mengumpulkan data dari departemen pertanian Amerika akan kandungan residu pestisida dari 48 jenis sayur dan buah.

Hasilnya sungguh mengejutkan: dua per tiga dari sampel sayur dan buah yang diteliti positif mengandung pestisida. Untuk ke-lima kalinya dalam lima tahun berturut-turut, apel menempati ranking pertama sayur dan buah paling banyak mengandung pestisida.

Pada dasarnya orang tak ada yang mau makan pestisida dalam sayur dan buah mereka,” kata Ken Cook, presiden dan pendiri EWG.

“Itulah mengapa kami akan meneruskan informasi ini pada konsumen dan perusahaan kimia untuk pertanian untuk memperhatikan bagaimana mereka berproduksi.“

Kritik EWG ini sempat membuat khawatir orang akan berhenti makan sayur dan buah. Tapi bukan itu yang diinginkan lembaga itu.

Kami tetap mengatakan makan sayur dan buah Anda,” kata Sonya Lunder, analis senior di EWG.

Tapi ketahui mana yang paling tinggi kandungan pestisidanya, sehingga Anda punya pilihan lain pada versi sayur dan buah organik jika memang tersedia dan terjangkau.

Buah dan Sayur Yang mengandung pestisida paling banyak

  • Stroberi

Mengapa stroberi berisiko?

Stroberi adalah jenis buah yang tumbuh dekat dengan tanah, tempat dimana serangga hidup,” kata Chensheng (Alex) Lu, Ph.D., asisten profesor Biologi paparan lingkungan, Harvard.

Oleh karenanya petani menggunakan pestisida untuk membasmi serangga tersebut. Untuk memperpanjang umur simpan, petani juga menggunakan fungisida, bahkan setelah panen.

Untuk mengurangi bahaya pestisida pada stroberi, belilah stroberi organik. Sebuah studi pada tahun 2008 di Emory University dan University of Washington menemukan bahwa kadar pestisida tertentu turun menjadi tidak terdeteksi dalam urine anak-anak yang beralih ke sayuran dan buah organik.

Sertifikasi organik menjamin kadar pestisida lebih sedikit dan jumlahnya lebih rendah,” kata Anne Riederer, Sc.D., peneliti di Emory.

  • Seledri

Seledri memerlukan waktu berbulan-bulan untuk tumbuh sehingga seledri akan terkena pestisida dalam periode waktu yang lama. Tidak seperti brokoli, yang dinaungi oleh daun besar di semak-semak besar, seledri tidak terlindungi dari pestisida.

Untuk mengurangi bahaya pestisida pada seledri, belilah seledri organik atau seledri yang dijual di pasar-pasar.

Seledri yang dijual di pasar biasanya berasal dari petani kecil yang tidak mampu atau memilih untuk tidak menggunakan pestisida mahal,” kata Lu.

Bisa juga menurut Environmental Working Group (EWG) untuk mencoba alternatif sayuran hijau lainnya yang lebih bersih, seperti alpukat dan asparagus, yang keduanya memiliki daya serap yang rendah terhadap pestisida.

  • Buah Persik (peach)

Untuk meningkatkan produksi, petani menggunakan pestisida pada tanaman yang rentan terhadap serangga, seperti buah persik. Buah persik berkulit sangat tipis, yang membuatnya mudah dimasuki serangga dan pestisida.

Petani ingin mencegah penyakit yang dapat mengurangi jumlah produksi buah persik dengan menggunakan pestisida. Pada bulan Agustus tahun 2009, Chicago Tribune melaporkan bahwa penyelidikan USDA menunjukkan lebih dari 50 senyawa pada pestisida didapati pada buah persik domestik maupun impor.

Jika Anda penyuka buah persik, belilah yang organik terutama jika Anda sedang hamil atau memiliki anak yang usianya di bawah 6 tahun,” kata Riederer.

Menurut EWG alternatif lain, buah yang manis dengan tekstur serupa, cobalah buah plum yang biasanya lebih sedikit menyerap pestisida.

  • Apel

Perusahaan Kimia membuat pestisida khusus untuk apel karena buah ini sangat populer dan banyak ditanam.

Untuk mengurangi bahaya pestisida pada apel, belilah apel organik lalu gosok sampai bersih dan kupas kulitnya sebelum dimakan.

Ketika membeli apel organik, jangan terlalu terpaku pada penampilan,” kata Lu.

Mungkin saja tidak terlihat sebagus apel biasa karena apel organik tumbuh tanpa pestisida, sehingga lebih baik untuk dikonsumsi.

  • Blueberi

Blueberi, sebagian besar tumbuh di Amerika Utara. Buah ini sangat rentan terhadap hama karena kulitnya sangat rapuh. Pestisida yang digunakan petani akan masuk ke daging buah.

Jangan membekukan blueberi karena pembekuan akan mempertahankan pestisida. Meskipun beberapa pestisida lama-kelamaan memudar, itu tidak akan terjadi di dalam freezer,” kata Lu.

Jika Anda ingin mengonsumsi bluberi, belilah dari petani lokal organik atau dari petani yang tidak menggunakan pestisida, dan cuci sampai bersih. Buah-buahan seperti blueberi dan stroberi secara umum, cenderung lebih rentan terhadap pestisida dibandingkan buah lain seperti kiwi dan pisang karena kulitnya yang tipis.

  • Paprika Manis

Paprika berasal dari Amerika Tengah dan Selatan, paprika manis adalah bentuk matang dari varietas paprika hijau yang lebih pahit. Paprika manis yang sudah dewasa memerlukan waktu yang lama dan terpapar pestisida lebih banyak daripada paprika hijau.

Untuk mengurangi bahaya pestisida pada paprika manis, cobalah yang organik atau membeli dari petani pasar atau pilihlah paprika hijau.

  • Bayam

Karena daunnya tumbuh di atas tanah, bayam memiliki banyak permukaan terbuka yang akan disemprot dengan pestisida. Sehingga sulit membunuh bakteri pada bayam. Belilah bayam yang organik agar risiko pestisida saat mengonsumsi bayam dapat dicegah.

  • Buah Ceri

Buah ceri tersembunyi di balik daun untuk tetap aman dari lalat buah dan ngengat, tapi petani cenderung menggunakan bahan kimia untuk mendapatkan hasil panen yang baik. Satu-satunya cara untuk mencegah pestisida masuk melalui buah ceri adalah dengan membeli buah ceri organik.

  • Kentang

Hanya karena kentang tumbuh di bawah tanah, tidak berarti mereka aman dari pestisida

Kami menemukan pestisida di bawah tanah sayuran. Mereka mengambil itu dari daun atau tanah di sekitar mereka,” kata Riederer.

Biasanya pada awal musim tanam, petani menyuntikkan pestisida ke dalam tanah. Jika petani menanam pada skala yang sangat kecil, mungkin tidak perlu banyak bahan kimia. Carilah kentang yang ditanam oleh perkebunan lokal kecil atau coba ubi jalar, yang merupakan sayuran terbersih yang telah diuji oleh EWG.

  • Anggur

Anggur lunak dan berkulit tipis sangat rentan terpapar pestisida. Untuk mengusir ngengat anggur dan hama lainnya, petani sering beralih ke pestisida. Hindarilah anggur impor, kecuali yang ditanam secara organik.

Baca Juga >> Jenis Makanan Yang Sebaiknya Tidak Dikonsumsi Bersamaan

Buah Dan Sayur Yang Paling Banyak Mengandung Pestisida

Jenis Makanan Yang Sebaiknya Tidak Dikonsumsi Bersamaan

Anda harus berhati-hati mengkombinasikan makanan yang akan dimakan. Karena jika salah kombinasi, bukannya sehat anda malah akan sakit. Dibawah ini ada beberapa Jenis Makanan Yang Sebaiknya Tidak Dikonsumsi Bersamaan.

Tapi sebelumnya, selamat datang di salah satu website Alfian Herbal yang merupakan distributor resmi Green World yang menyediakan berbagai macam obat herbal alami berkhasiat yang kami jual secara online salah satunya adalah menyediakan Gingko Biloba Plus Capsule sebagai Obat Pengencer Darah yang ampuh dan tanpa efek samping. Di kesempatan posting kali ini kami akan menyampaikan informasi yang cukup penting yaitu seputar Jenis Makanan Yang Sebaiknya Tidak Dikonsumsi Bersamaan. Nah untuk anda yang belum mengetahuinya, berikut ini informasi lengkapnya.

jenis-makanan-yang-sebaiknya-tidak-dikonsumsi-bersamaan

Jenis Makanan Yang Sebaiknya Tidak Dikonsumsi Bersamaan — Demi mendapatkan tubuh yang sehat salah satunya dengan cara memenuhi kebutuhan gizi dan nutrisi yang seimbang dalam tubuh. Salah satunya dengan cara memberikan asupan makanan sebagai penunjang gizi dan nutrisi dalam tubuh.

Semua makanan yang kita konsumsi sehari-hari diharuskan memenuhi unsur dalam dalam makanan sehat di antaranya terpenuhinya vitamin, mineral, kalsium, serat, nutrisi dan masih banyak lagi.

Semua kandungan tersebut memiliki manfaat sendiri-sendiri namun pada intinya asupan makanan yang diterima oleh tubuh berfungsi untuk mengoptimalkan fungsi organ tubuh selalu terjaga dan tetap sehat sepanjang hari.

Ketidaktahuan orang-orang saat ini terhadap jenis makanan yang tidak boleh dikonsumsi bersamaan dapat berdampak terhadap kesehatan. Saat ini telah banyak penelitian yang dilakukan terhadap jenis makanan atau minuman yang memang tidak boleh dikonsumsi secara bersamaan karena di dalam makanan atau minuman memiliki zat kimia yang justru akan memimbulkan efek atau akibat yang tidak baik bagi kesehatan tubuh manusia.

Beberapa pasang makanan yang tidak boleh dikonsumsi bersamaan

  • Kedelai Dan Bayam

Sesungguhnya kedelai tidak cocok dikonsumsi bersamaan dengan bayam. Karena bayam memiliki asam oksalat yang dapat bereaksi dengan kalsium yang ada pada kedelai. Reaksi tersebut dapat membentuk endapan yang tidak dapat larut di dalam usus.

  • Kedelai Dan Daun Bawang

Kedelai yang mengandung banyak kalsium dan daun bawang yang mengandung banyak asam oksalat jika dikonsumsi bersamaan dapat mempengaruhi penyerapan kalsium. Bila kebiasaan ini dilanjutkan dalam jangka panjang, tubuh akan kekurangan kalsium yang akan menyebabkan kejang, osteomalacia (menurunnya kadar mineral tulang), hingga patah tulang.

  • Susu Kedelai Dan Telur

Telur merupakan makanan yang kaya akan protein. Beda dengan susu kedelai yang dapat mengurangi aktivitas dari enzim protease yang digunakan oleh tubuh untuk membantu metabolisme protein. Tubuh tidak akan mendapat protein yang baik dari telur jika dikonsumsi bersamaan dengan susu kedelai.

  • Susu Dan Coklat

Susu dan coklat tidak cocok dikonsumsi bersamaan. Susu kaya akan protein dan kalsium, sementara coklat banyak mengandung asam oksalat. Kalsium dari susu dan asam oksalat coklat dapat membentuk kalsium oksalat yang selain tidak mudah larut dalam tubuh, juga dapat menyebabkan diare apabila mereka dikonsumsi bersamaan.

  • Susu dan Sayuran

Zat kimia yang terkandung di dalam sayuran bisa memberikan efek negatif terhadap proses metabolisme kalsium dari produk susu.

  • Susu Dan Buah-Buahan

Kita tentu sering memakan sup buah yang didalamnya terdapat berbagai macam buah-buahan seperti stroberi, apel, buah naga, kolang kaling, kelapa, melon dll.. Buah-buahan ini seharusnya tidak dikonsumsi bersamaan dengan susu. Buah-buahan banyak mengandung asam sehingga tidak baik dikombinasikan dengan susu yang tinggi protein. Asam akan mengikat protein sehingga akan sulit dicerna oleh tubuh.

  • Asam Laktat (Terdapat Di Yoghur) dan Ham

Yoghurt yang dikonsumsi bersamaan dengan ham dan daging dalam sandwich dapat menyebabkan kanker. Biasanya produsen menambahkan nitrat untuk mencegah pembusukan dan botulinus untuk memperpanjang pelestarian produk daging. Ketika bertemu nitrat asam organik, itu bisa berubah menjadi nitrosamine dan bersifat karsinogen.

  • Daging dan Semangka

Semangka disebut buah yang “dingin” dalam makanan, sedangkan daging (misalnya daging kambing) merupakan sebaliknya (panas). Ketika dikonsumsi bersamaan, efek bergizi dari daging kambing akan menurun secara drastis. Bagi penderita asthenia limpa, hal ini dapat membahayakan energi dan mengganggu limpa dan lambung.

  • Daging Dengan Cuka

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, daging merupakan makanan “panas”, sedangkan cuka adalah “hangat”. Apabila kedua makanan ini dimakan bersamaan, mereka dapat meng-over-aktifkan energi dan sirkulasi.

  • Daging dan Chestnut

Chestnut mengandung vitamin C yang dapat bereaksi dengan mikro di daging sapi sehingga akan mengurangi gizi chestnut. Kombinasi kedua makanan ini tidak baik untuk pencernaan dan dapat menyebabkan dispepsia.

  • Kepiting dan Teh

Mengkonsumsi kepiting dengan teh secara bersamaan dapat menyebabkan gangguan pencernaan. Ketika memakan kepiting, cairan lambung akan diencerkan oleh teh yang mengandung asam tannic. Hal ini tidak hanya mengganggu asimilasi, tetapi juga mengurangi kemampuan lambung untuk mensterilkan.

  • Udang dan Vitamin C

Resiko serius akan dialami seseorang yang memakan udang bersamaan dengan makanan atau minuman yang mengandung vitamin C (misalnya es jeruk). Pada dasarnya udang mengandung Arsenic Pentoxide (As2O5) dan jika bertemu dengan suplemen mengandung Vitamin C, akan terjadi reaksi kimia di dalam perut yang mengubah As3O5 menjadi Arsenic Trioxide (As2O3) yang sangat beracun. Hal ini dapat mengakibatkan hati, jantung, ginjal, pembuluh darah rusak, usus keluar darah, pembuluh darah melebar hingga seseorang tersebut meninggal dengan kelima panca indera mengeluarkan darah.

  • Beberapa Buah-Buahan Dan Seafood

Beberapa jenis buah, misalnya buah anggur, delima, atau kesemek, sebaiknya tidak dikonsumsi bersamaan dengan makanan laut. Karena akan menyebabkan mual dan perut kembung serta rasa sakit pada perut dan diare. Hal ini karena buah-buahan tersebut mengandung tannin yang jika digabungkan dengan protein dapat menghasilkan zat yang tidak larut dan tidak bisa dicerna oleh tubuh. Untuk menghindari hal ini, konsumsilah buah-buahan tersebut dengan jarak waktu sekitar 4 jam setelah mengkonsumsi makanan laut.

  • Wortel Dan Lobak Putih

Lobak putih mengandung vitamin C dan kandungan di wortel dapat merusaknya apabila dikonsumsi bersamaan. Oleh karena itu, makanlah kedua jenis sayuran tersebut secara terpisah untuk mendapatkan nutrisi terbaik.

Nah itulah Jenis Makanan Yang Sebaiknya Tidak Dikonsumsi Bersamaan. Melihat kesehatan merupakan investasi yang sangat penting dalam kehidupan anda maka usahakan berikan asupan nutrisi dan gizi yang baik pula bagi tubuh anda agar kesehatan anda tetap terjaga setiap hati. Sekian dan semoga bermanfaat.

Baca Juga >> Tempat-Tempat Paling Kotor Di Dalam Rumah

Jenis Makanan Yang Sebaiknya Tidak Dikonsumsi Bersamaan

Tempat-Tempat Paling Kotor Di Dalam Rumah

Mungkin terlintas bagi kebanyakan orang, kamar mandi adalah tempat yang paling kotor du rumah. Memang benar, kamar mandi salah satunya. Namun area paling kotor di rumah tidak berhenti pada kamar mandi saja. Ada Tempat-Tempat Paling Kotor Di Dalam Rumah

Selamat datang di salah satu website Alfian Herbal yang merupakan distributor resmi Green World yang menyediakan berbagai macam obat herbal alami berkhasiat yang kami jual secara online dengan sistem pelayanan spesial yaitu “Kirim Barang Dahulu Setelah Barang Datang Baru Transfer Pembayaran“.

Tempat-Tempat Paling Kotor Di Dalam Rumah

Tempat-Tempat Paling Kotor Di Dalam Rumah — Toilet sering dipandang sebagai tempat terkotor di rumah. Ternyata kuman di tempat air itu tidak sebanyak yang diduga.

Toilet duduk justru merupakan tempat terbersih di kamar mandi, karena kita sering membersihkannyakata Charles Gerba, profesor mikrobiologi di University of Arizona.

Menurutnya tempat yang paling kotor adalah benda atau tempat-tempat yang kerap diabaikan saat kita sedang bersih-bersih. Misalnya saja, handuk tempat mengeringkan tangan di sebelah wastapel.

“Bakteri itu senang tumbuh di tempat yang basah dan lembab”. Jelasnya.

Handuk dibuat untuk menyerap cairan yang bagus mengeringkan kulit tetapi tak baik karena menjadi tempat lembab yang disukai bakteri.

“Sebagian besar orang tak mencuci tangan dengan benar” Katanya.

Jadi ketika kita mengeringkan tangan, kita memindahkan bakteri ke tempat yang nyaman untuknya.

Tak jarang kita baru mencuci handuk seminggu atau dua minggu sekali. Seharusnya kita mencuci handuk setiap dua hari.

Termpat berkumpulnya kuman banyak juga di pegangan sikat gigi

“Kita jarang membersihkannya” Kata Gerba.

Dalam laporan organisasi kesehatan masyarakat NSF Internasional 2011 menemukan 27% pegangan sikat gigi merupakan tempat tinggal bagi bakteri Coliform, mikroorganisme yang satu keluarga dengan kuman Salmonella serta E. Coli

Di dapur, spons pencuci piring adalah yang terkotor.

“Spons itu merupakan tempat tinggal ratusan juta bakteri,” katanya.

Riset menemukan 75 persen spons dapur mengandung kuman Coliform

Benda yang sering disentuh pun termasuk paling kotor. Gerba mengatakan, ponsel kita adalah surga bakteri. Studi-studi menemukan satu dari enam ponsel terkontaminasi feses. Satu usapan dengan desinfektan cukup ampuh menghilangkan kuman-kuman itu.

Pegangan keranjang supermarket pun merupakan surga kuman.

“Kurang lebih 100 persen dari kuman itu adalah E. coli, karena orang terus menerus menyentuh pegangan keranjang setelah memegang produk makanan mentah,” jelas Gerba.

Ia pun menyebut keranjang atau kantung belanja termasuk kotor, karena jarang dicuci.

Jangan pula buru-buru membeli cairan pembersih kimia untuk membersihkan benda-benda itu. Cairan kimia itu mungkin mengandung zat yang berhubungan dengan kanker atau menimbulkan masalah kesehatan lain.

Sebaiknya, sering-seringlah mencuci tangan setelah pergi dari tempat umum. Menurut Gerba. banyak orang ketularan kuman berbahaya ketika keluar rumah. Hanya dengan mencuci tangan setelah masuk rumah, kita bakal mencegah diri tertular kuman.

Adapun Tempat yang paling kotor lainnya, antara lain :
  • Penyaring Air

Penyaring air yang biasa terdapat di keran-keran, baik di kamar mandi, dapur, atau di taman dapat menjadi tempat paling kotor di rumah jika tidak pernah dibersihkan. Terlebih, jika terdapat lapisan hitam di sekelilingnya.

Jadi, bersihkan dengan merendamnya di dalam larutan cuka setidaknya 15 menit per dua bulan. Lebih baik lagi, jika digosok dengan sikat gigi agar jamur hilang dengan seutuhnya.

  • Tempat Menaruh Peralatan Makan

Sendok, garpu, pisau, dan sebagainya memang rutin dibersihkan usai memakainya. Namun, sudahkah Anda yakin tempat menyimpannya pun bersih dari kotoran? Jangan salah karena debu dan berbagai jamur bisa menempel di dalamnya.

  • Dapur

Usahakan rutin membersihkan dapur usai memakainya. Sebab, dapur amat rentan dengan kehadiran kuman. Bersihkan dengan menggunakan air sabun atau pembersih favorit Anda.

  • Perabotan

Di rumah, terdapat banyak perabotan yang tidak diganti secara berkala. Jadi, janagn sampai luput untuk membersihkannya. Biarkan perabotan menikmati sinar matahari agar debu dan kuman yang menempel dapat menyingkir.

  • Gagang Kulkas

Kecuali memang sering dibersihkan, gagang kulkas tidak menjadi masalah. Sebab, jika tidak, banyak sidik jari dan kotoran dari potongan makanan yang belum dibersihkan kerap menempel pada gagang tersebut.

Itulah dia Tempat-Tempat Paling Kotor Di Dalam Rumah. Semoga informasi yang kami sampaikan dapat bermanfaat untuk kita semua.

Terus kunjungi situs https://obatpengencerdarahblog.wordpress.com untuk mengetahui informasi penting dan menarik lainnya mengenai kesehatan.

Tempat-Tempat Paling Kotor Di Dalam Rumah

Kebiasaan Sehari-Hari Yang Bikin Payudara Cepat Kendur

Payudara perempuan tidak selamanya kencang dan padat. Ada saatnya bentuk payudara menjadi kendur atau tidak kencang lagi, seperti Kebiasaan Sehari-Hari Yang Bikin Payudara Cepat Kendur berikut ini.

Selamat datang di salah satu website resmi Alfian Herbal yang merupakan agen resmi Green World yaitu pusat penjualan obat herbal online terbesar dan terpercaya yang menyediakan berbagai macam suplemen dan vitamin yang terbuat dari bahan alami tanpa tersentuh bahan kimia. Pada kesempatan kali ini kami akan menginformasikan Kebiasaan Sehari-Hari Yang Bikin Payudara Cepat Kendur

Kebiasaan Sehari-Hari Yang Bikin Payudara Cepat Kendur

Kebiasaan Sehari-Hari Yang Bikin Payudara Cepat Kendur — Faktor-faktor alami yang menyebabkan payudara kendur antara lain adalah umur dan menyusui bayi. Dua faktor ini berkonstibusi terhadap hilangnya elastisitas kolagen, jaringan ikat yang menentukan tingkat kekenyalan kulit anda. Payudara turun juga bisa karena faktor genetika. Jika ibu anda memiliki bentuk payudara turun, ada kemungkinan anda memiliki bentuk yang serupa.

Nah, itulah faktor-faktor alami yang membuat bentuk payudara berubah. Ini tidak bisa dihindari, tentu saja. Tapi di luar faktor alami, ada juga faktor non-alami, yaitu kebiasaan sehari-hari, yang bisa membuat payudara kempis dan turun.

kebiasaan yang menyebabkan payudara kendur

  • Postur tubuh tidak ideal

Anda mungkin pernah dengar soal dampak postur tubuh tidak ideal pada kesehatan tulang. Ternyata postur tubuh yang tidak ideal juga bisa memengaruhi bentuk payudara Anda. Apabila Anda terlalu sering duduk, berdiri, atau berjalan dengan posisi bahu membungkuk, payudara pun jadi cenderung mengendur. Ini karena otot-otot di sekitar payudara melemas. Maka, sebaiknya Anda selalu menjaga postur tubuh yang ideal, baik saat duduk maupun berdiri. Idealnya, berdirilah atau duduk dengan posisi punggung yang tegak. Dengan begitu, otot-otot di sekitar payudara juga akan mengencang. Anda juga bisa melakukan yoga atau senam untuk memperbaiki postur tubuh Anda yang terlalu membungkuk.

  • Kurang olahraga

Pastikan untuk mencukupi kebutuhan aktivitas fisik Anda sehari-hari. Pasalnya, kurang berolahraga juga bisa menjadi salah satu penyebab payudara kendur. Ini karena otot-otot kecil di sekitar dada tidak pernah dilatih dan akhirnya melemas. Untuk mengembalikan kebugaran payudara Anda, jangan sepelekan pentingnya beraktivitas fisik, terutama yang membantu Anda melatih otot dada. Olahraga yang baik untuk mencegah payudara kendur adalah latihan angkat beban dan push-up.

  • Berolahraga terlalu keras

Jika kurang olahraga bisa membuat payudara jadi kendur, ternyata berolahraga terlalu keras juga berisiko menyebabkan payudara kendur. Apalagi kalau Anda berolahraga tanpa bra khusus yang dirancang untuk beraktivitas fisik. Bra ini dikenal dengan istilah sport bra. Fungsinya adalah menopang payudara Anda dari gerakan yang terlalu cepat. Olahraga seperti jogging, sepak bola, dan basket akan membuat payudara Anda berayun-ayun dalam kecepatan yang tinggi. Hal ini berisiko merusak kolagen dalam payudara. Kolagen sendiri merupakan serat-serat atau jaringan yang bertugas untuk menjaga kekenyalan dan kekencangan payudara. Maka, selalu kenakan bra khusus olahraga sebelum Anda beraktivitas fisik.

  • Salah memilih bra

Kesehatan dan kekencangan payudara Anda sangat bergantung pada pilihan bra yang Anda kenakan setiap harinya. Untuk menjaga agar bagian tubuh wanita ini tetap kencang dan tampak bulat penuh, pilih bra yang ukurannya sesuai dengan bentuk payudara Anda. Kalau Anda memakai bra yang longgar, payudara Anda tidak akan ditopang dengan baik. Pasalnya, payudara wanita tidak memiliki otot-otot khusus yang bisa membantunya agar tetap kencang. Jadi kalau bra Anda tidak mampu menopang payudara, kulit Anda lah yang akan semakin keras bekerja untuk menahan beratnya. Kulit yang dipaksa untuk bekerja terlalu berat akan semakin cepat menua dan kehilangan kekenyalannya. Inilah yang menjadi penyebab payudara kendur.

  • Merokok

Rokok adalah salah satu musuh terbesar payudara Anda. Kebiasaan Anda merokok tanpa disadari bisa memengaruhi bentuk payudara Anda. Racun-racun yang terkandung dalam rokok seperti nikotin bisa menghancurkan kolagen dalam kulit. Padahal, persediaan kolagen dalam tubuh wanita jumlahnya lebih sedikit dari laki-laki. Selain itu, rokok juga akan mengganggu peredaran darah ke permukaan kulit. Akibatnya, payudara akan mengalami proses penuaan dini dan cepat mengendur.

  • Kecanduan alkohol

Sesekali minum minuman beralkohol memang tidak begitu terasa dampaknya pada payudara. Akan tetapi, terlalu sering atau kecanduan minum minuman keras bisa berakibat buruk dan menyebabkan kerusakan kolagen. Payudara Anda pun jadi lebih kendur dan kulit di sekitarnya tampak kusam. Maka, perhatikan kadar alkohol yang Anda konsumsi untuk mencegah payudara yang menua sebelum waktunya.

  • Berat badan yang naik turun

Hati-hati kalau berat badan Anda tidak stabil. Kulit di sekitar payudara akan meregang mengikuti bentuk tubuh kalau berat badan Anda naik. Namun, ketika berat badan turun lagi, kulit Anda membutuhkan waktu beberapa lama agar bisa kencang kembali. Jika sebelum kulit mengencang Anda sudah tambah berat badan lagi, kulit Anda akan jadi kendur karena terlalu sering meregang. Jadi, Anda sebaiknya menerapkan pola makan yang seimbang dan teratur supaya berat badan tak mudah naik turun dan payudara Anda tetap ideal dan kencang.

  • Tidak memakai tabir surya

Paparan sinar matahari di wajah anda yang tidak dilapisi tabir surya dapat menyebabkan keriput dini. Hal yang sama akan terjadi pada payudara yang tidak dilindungi tabir surya. Kolagen akan rusak sehingga payudara akan terlihat lebih turun.

Deemikian informasi seputar Kebiasaan Sehari-Hari Yang Bikin Payudara Cepat Kendur. Untuk menjaga bentuk payudara tetap kencang, Anda harus menggunakan bra yang pas sesuai bentuk payudara. Terima kasih telah berkunjung dan semoga bermanfaat.

Terus kunjungi situs https://obatpengencerdarahblog.wordpress.com untuk update informasi penting dan menarik lainnya mengenai kesehatan.

Kebiasaan Sehari-Hari Yang Bikin Payudara Cepat Kendur

Bahaya Dan Manfaat Terapi Bekam Bagi Kesehatan

Tahukah Anda, bahwa manfaat bekam sangat dahsyat? Sampai-sampai semua penyakit dapat diselesaikan dengan solusi terapi bekam. Namun, disamping itu terapi bekam juga ada bahayanya. Berikut Bahaya Dan Manfaat Terapi Bekam Bagi Kesehatan

Selamat datang di salah satu situs Alfian Herbal yang merupakan pusat penjualan obat herbal online terbesar dan terpercaya yang menyediakan barang 100% asli bukan barang tiruan, karena kami merupakan agen resmi Green World Global. Kami melayani pelanggan dengan sistem “Barang Sampai Baru Bayar“.

Bahaya Dan Manfaat Terapi Bekam Bagi Kesehatan

Bahaya Dan Manfaat Terapi Bekam Bagi Kesehatan — Terapi bekam adalah pengobatan alternatif dengan menggunakan beberapa mangkuk kecil yang ditaruh di atas kulit kita, lalu dipanaskan untuk membuat kulit terisap. Mangkuk atau cup yang digunakan bisa terbuat dari beberapa bahan:

  • Kaca
  • Bambu
  • Tembikar

Para pendukung terapi ini percaya bahwa isapan dengan mangkuk tersebut bisa memperlancar aliran darah untuk mendorong penyembuhan sejumlah penyakit. Namun secara umum, seperti dikutip WebMD, komunitas kedokteran barat meragukan klaim kesehatan yang disampaikan para pendukung tersebut.

Manfaat Bekam

1. Menurut Dunia Medis

Dalam dunia medis, terdapat perbedaan pendapat tentang terapi bekam berdasarkan berbagai penelitian yang telah dilakukan terkait terapi bekam tersebut, terutama tentang manfaatnya. Beberapa penelitian yang telah dilakukan mengatakan bahwa terapi bekam tidak mempunyai keterkaitan dengan darah kotor yang menurut masyarakat non-medis dikeluarkan ketika proses terapi pembekaman berlangsung. Hal ini dikarenakan fungsi detoksifikasi (pengeluaran racun) sebenarnya sudah dilakukan oleh organ ginjal dan hati. Sehingga kalaupun ada darah yang keluar ketika proses terapi pembekaman, itu hanyalah sebagian kecil dari seluruh darah kotor yang ada di dalam tubuh dan dikeluarkan oleh organ ginjal dan hati. Namun meski demikian, banyak juga yang mengatakan bahwa terapi bekam memiliki efek yang sangat bermanfaat bagi kesehatan.

Salah satu penelitian yang telah dilakukan untuk mengetahui manfaat terapi bekam ialah sebuah percobaan terapi bekam yang dilakukan kepada 60 orang gemuk secara rutin. Didapatkan hasil bahwa terapi bekam bisa menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol jahat dalam tubuh, serta meningkatkan kadar kolesterol baik. Sedangkan peneliti lainnya membuktikan bahwa terapi bekam pada titik tertentu pada bagian tubuh bisa menstimulasi kuat saraf permukaan kulit, yang mana akan dilanjutkan menuju cornu posterior medulla spinalis melalui saraf A-delta dan C serta traktus spinothalamicus ke arah thalamus yang akan menghasilkan endorfin. Yang mana kita tahu bahwa endorfin memiliki manfaat yang baik untuk otak.

Pendapat lain tentang kegunaan terapi bekam juga dituliskan oleh Thomas W. Anderson (1985) pada bukunya yang berjudul 100 Diseases Treated by Cupping Method (100 Penyakit yang Dapat Diobati dengan Bekam). Meskipun dalam penulisannya Thomas tidak membuktikan melalui penelitian langsung, namun ia menyebutkan bahwa terapi bekam memberikan respon yang baik untuk berbagai macam penyakit, seperti hipertensi, stroke, migrain, asma, alergi, dan berbagai macam penyakit lainnya. Termasuk pula manfaat terapi bekam yang memiliki pengaruh untuk kesuburan (fertilitas) dan kecantikan pada kaum wanita.

2. Manfaat Menurut Dunia Non-Medis

Dalam dunia non-medis sendiri, terapi bekam yang dikenal sebagai pengobatan alternatif memang sering dikaitkan dengan teori masuk angin dan darah kotor. Yang mana, dalam dunia medis kedua hal tersebut sebenarnya tidak memiliki relevansi yang jelas. Teknik terapi bekam dalam dunia non-medis ini dilakukan dengan dua cara, yaitu terapi bekam basah dan terapi bekam kering. Terapi bekam basah merupakan metode yang biasanya dilakukan oleh para terapis dengan cara mengeluarkan darah. Sedangkan terapi bekam kering merupakan metode kebalikannya, yaitu tidak mengeluarkan darah, di mana terapi hanya dilakukan dengan cara menempatkan mangkuk vakum di atas kulit sehingga tidak ada darah yang keluar.

Metode terapi bekam kering ini biasanya juga bisa ditemui diberbagai panti pijat tradisional yang berlokasi di rumah-rumah penduduk, terutama di kawasan pedesaan. Dalam segi manfaatnya, masyarakat non-medis menganggap bahwa terapi bekam basah sebagai sarana untuk mengeluarkan toksin dalam darah, artinya mengeluarkan darah kotor dari dalam tubuh. Sedangkan terapi bekam kering hanya bermanfaat untuk mengeluarkan gas dan uap yang biasanya dikaitkan dengan meredakan masuk angin di tubuh, pusing di kapala, dan nyeri otot. Bahkan dalam dunia non-medis juga ada salah satu teknik yang dilakukan dengan cara menggerakkan mangkuk vakum yang menempel di kulit. Tujuan dan manfaatnya ialah memberikan tambahan pijatan pada pasien dengan menggunakan mangkok vakum yang menyedot kulit tersebut sehingga pasien akan terasa lebih rileks.

Manfaat Terapi Bekam Lainnya

Terlepas dari berbagai fungsi yang telah disebutkan baik secara medis dan non-medis, beberapa fungsi dari terapi bekam yang telah diakui secara umum, antara lain :

  • Untuk Kepala

Beberapa manfaat dari terapi bekam di kepala yang diyakini sebagai metode untuk mengeluarkan materi berbahaya pada bagian kepala dan sekitarnya, antara lain :

  1. Mengobati migrain
  2. Menyembuhkan stroke
  3. Mengobati rasa pusing
  4. Menyembuhkan Parkinson
  5. Menurunkan darah tinggi atau menormalkan hipertensi
  6. Menyembuhkan vertigo
  7. Mengobati sakit gigi
  8. Mencerdaskan otak dan meningkatkan kemampuan daya ingat; sera
  9. Mengobati masalah mata, hidung dan telinga.
  • Manfaat pada Wajah

Sedangakan manfaat dari terapi bekam yang dilakukan pada wajah diyakini mampu memiliki manfaat untuk mengangkat bakteri pada wajah, mencegah dan mengobati jerawat yang muncul, dan juga menyehatkan kulit wajah karena menyebabkan lancarnya peredaran darah yang terjadi di wajah dan sekitarnya.

Sedemikian sehingga dengan melakukan terapi bekam di wajah secara tidak langsung dapat membuat Anda memiliki kulit wajah yang cerah, sehat, dan tampak berseri, selain untuk menjadikan wajah Anda terbebas dari gangguan jerawat.

  • Manfaat untuk Jantung

Sebagaimana telah diyakini oleh masyarakat non-medis bahwa terapi bekam dapat mengeluarkan darah kotor (darah yang terkontaminasi dengan racun) dari dalam tubuh, maka secara tidak langsung terapi bekam juga menjadi faktor dalam memperlancar peredaran darah yang terjadi di dalam tubuh. Sehingga apabila peredaran darah lancarm maka dapat dipastikan bahwa kondisi jantung akan sehat. Hal ini dikarenakan fungsi jantung yang salah satunya ialah sebagai pemompa darah ke seluruh tubuh.

Selain itu, manfaat terapi bekam juga diyakini mampu membantu untuk memperbaiki fungsi organ tubuh. Artinya, memperbaiki jaringan atau sel-sel tubuh yang rusak. Ditambah lagi, bisa bermanfaat untuk menambah anti bodi (imunitas) tubuh, yaitu membunuh kuman atau bakteri yang dapat menyebabkan timbulnya penyakit.

Bahaya Bekam

  • Rawan pingsan saat kondisi tubuh melemah

Pasien yang berada dalam kondisi lemah sangat dilarang untuk melakukan terapi bekam. Hal ini di khawatirkan malah memperburuk keadaanya. Bagi para pasien yang hendak melakukan bekam, harus memiliki tekanan darah minimal 80 mmHg. Oleh sebab itu, mengapa para pasien bekam tidak boleh untuk usia anak-anak ataupun lansia.

  • Mempengaruhi perkembangan janin

Bagi ibu hamil sangat dilarang keras untuk melakukan terapi bekam. Apalagi jika ia masih memasuki pada tiga awal bulan pertama kehamilan. Proses terapi bekam di khawatirkan malah mengganggu proses perkembangan janin yang di kandungnya.

  • Dilarang bagi wanita haid dan nifas

Bekam merupakan teknik pengobatan dengan mengeluarkan darah kotor. Sedangkan kondisi wanita yang sedang haid dan nifas sama sama sedang mengeluarkan darah kotor. Jika mereka di bekam pada kondisi tersebut, sama sekali tidak memungkinkan dan mampu membuat tubuh menjadi drop.

  • Tidak makan dan minum setelah menjalani bekam

Kondisi tubuh anda setelah bekam harus di kembalikan seperti semula. Pada saat ini, tubuh anda tidak siap menerima makan selama 2 jam ke depan. Begitu pula sebelum bekam, anda di anjurkan untuk berpuasa 2 jam sebelumnya. Sebaliknya di sarankan untuk mengkonsumsi madu saja setelah bekam.

  • Jangan di bekam dalam kondisi kenyang dan lapar

Pasien yang sedang berada pada kedua kondisi tersebut sangat tidak stabil. Jika anda memaksakan di bekam pada kondisi ini, maka tubuh malah menjadi lemah dan drop. Sangat berbahaya jika dilanjutkan.

  • Jangan mandi setelah bekam

Anda dilarang mandi sekalipun setelah bekam. Apalagi mandi dengan air dingin. Maka suhu akan sangat cepat berubah. Untuk itu anda boleh mandi setelah 2 jam setelah melakukan bekam, dan menggunakan air hangat.

  • Beberapa orang dilarang melakukan bekam atau di bawah pengawasan dokter

Meski bekam terbuka untuk siapa saja, namun tetap ada orang orang khusus yang tidak diperbolehkan melakukan bekam. Kondisi ini terdapat pada penderita :

  • anemia
  • leukemia
  • TBC
  • HIV / AIDS
  • trombositopenia
  • penderita kelainan klep dan pacu jantung
  • hemofilia
  • hepatitis

Mereka sangat di khawatirkan melakukan bekam. Jika menginginkan, harus pada ahli bekam yang sudah berpengalaman banyak dan ahli. Serta membawa serta peran dokter.

  • Dilarang bagi penderita Diabetes 

Penggunaan bekam menggunakan teknik sayatan pada kulit. Hal ini sangat di hindari bagi para penderita diabetes, sebab sensivitas terhadap luka di kulit sangat tinggi. Apalagi bagi mereka pasien diabetes gula darah sewaktu (GDS) lebih dari 250 mg/dl.

  • Bahaya untuk penderita ulserasi

Ulserasi merupakan penyakit alergi kulit yang di nilai cukup parah. Sangat berbahaya jika anda tetap memaksakan melakukan bekam pada pasien tersebut.

  • Pasien yang baru saja melakukan donor darah banyak atau korban kecelakaan

Orang yang baru saja mendonorkan darah banyak, tentu saja di larang untuk melakukan bekam. Sebab posisi mereka sedang membutuhkan darah untuk tubuhnya sendiri. Juga bagi para korban kecelakaan. Mereka tentu saja membutuhkan darah untuk bertahan hidup. Jika kondisi mereka di bekam, yang terjadi malah drop.

  • Bagi orang yang sedang atau dalam konsumsi obat pengencer darah

Ada penyakit tertentu memerlukan obat pengencer darah. Hal ini di larang melakukan bekam, sebab dikhawatirkan kondisi tubuh dan darahnya belum stabil. Jika terpaksa melakukan bekam, maka tunggulah selama dua hari ke depan untuk mendapatkan kondisi yang lebih optimal.

  • Jangan bekam pada titik tertentu

Dalam melakukan bekam, anda di larang untuk membekam pada titik tertentu, yakni :

  • Pada bagian tubuh yang mengalami luka
  • bagian urat sendi yang robek
  • bagian patah tulang
  • bagian yang terdapat tumor baik jinak maupun ganas
  • bagian tangan atau kaki yang terkena varises

Hal ini di khawatirkan malah terjadi kondisi yang lebih buruk dari sebelumnya.

  • Membekam pada perut dengan pelan

Bagian perut merupakan organ yang cukup vital bagi tubuh anda. Apalagi lapisan kulit yang melindunginya juga tidak tebal. Hal ini sangat bisa menimbulkan bahaya bekam di daerah perut. Jika hal ini memang terpaksa di lakukan, maka lakukan dengan pelan-pelan. Hal ini di khawatirkan akan merusak organ perut anda jika terlalu keras.

  • Beberapa titik yang tidak boleh di bekam

Meski tubuh anda memiliki kekuatan untuk menahan sayatan, namun ada beberapa titik yang di larang untuk di bekam, yakni :

  1. Pada lubang bersifat alamiah – Lubang bersifat alamiah terdiri dari mata, mulut, hidung, anus, lubang kemaluan, dan putting susu
  2. Spot penting yang berbahaya – Ada beberapa bagian penting yang tidak boleh di bekam, antara lain : ketiak, bagian bawah telinga di sekitar leher, selangkangan atau pangkal paha entah bagian depan atau dekat kemaluan, serta di atas pembuluh darah yang besar. 

Itu informasi mengenai Bahaya Dan Manfaat Terapi Bekam Bagi Kesehatan. Semoga apa yang kami kutif bermanfaat untuk anda semua.

Terus kunjungi situs https://obatpengencerdarahblog.wordpress.com untuk mengetahui informasi lainnya mengenai kesehatan.

Bahaya Dan Manfaat Terapi Bekam Bagi Kesehatan